Foxbatam
Batam Editor's Picks Ekonomi

METRO Forum: Kembalikan Kejayaan Industri di Pulau Batam

Ketua Kadin Kepri, Akhmad Ma'ruf Maulana menjadi narasumber dalam diskusi Metro Forum yang diadakan POSMETRO Batam.

Foxbatam – Ketua Kadin Kepri, Akhmad Ma’ruf Maulana berharap pemerintah daerah baik provinsi dan kabupaten/kota punya langkah-langkah berani memperkuat perekonomian daerah pasca-pandemi.

Hal itu diutarakan Ma’ruf saat menjadi narasumber diskusi ekonomi bersama POSMETRO Batam, Rabu (8/3/2022) pagi.

Dalam diskusi yang dimoderatori Direktur Utama Posmetro, Haryanto tersebut, Ma’ruf mengatakan, besarnya kontribusi dunia usaha dalam sektor pendapatan daerah.

Oleh sebab itu menurutnya, pemerintah harus fokus kepada recovery ekonomi. Pasalnya selama ini, di Kota Batam khususnya dikatakan Ma’ruf hal itu belum tampak.

Oleh sebab itu menurutnya, pemerintah harus fokus kepada recovery ekonomi. Pasalnya selama ini, di Kota Batam khususnya dikatakan Ma’ruf hal itu belum tampak.

“Saya rasa pemerintah dan stake holder terkait belum fokus bagaimana untuk mengembalikan kejayaan Batam seperti dulu sebagai kota industri. Jujur saya lihat pemimpin sekarang dominan ke pencitraan saja,” terangnya.

Apalagi dikatakan Ma’ruf tolok ukur pembangunan sebuah daerah tak hanya sekedar pembangunan infrastruktur. Namun juga bagaimana membuat rakyat sejahtera, perekonomian jalan dan lapangan kerja terbuka lebar.

“Karena kami (kalangan pengusaha) yang melakukan dan merasakan,” tukasnya.

Ma’ruf mengatakan daerah harus jemput bola dengan cara ekspansi menarik investor ke Batam dan Kepri. “Kita harus ada badan yang fokus untuk itu (investasi),” ucapnya.

Ma’ruf menceritakan upaya dan perjuangannya dalam ‘jemput’ bola dengan program BBK Murah yang didukung Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto sebelumnya.

Ia berharap hal itu bisa diuperkuat. Menurutnya bupati, wali kota dan gubernur bisa duduk bersama dalam menarik investasi. “Selama ini investasi yang ada datang sendirinya. Sementara itu Kadin berupaya keras menarik investasi itu agar datang,” ucapnya.

Batam dikatakan Ma’ruf sudah tercecer ke peringkat 13 daerah tujuan investasi di Indonesia. “Jadi kita ingin kembali kejayaan itu, agar kembali masuk ke peringkat 10 besar. Caranya dengan terobosan ekonomi, memangkas birokrasi dan mempermudah perizinan,” katanya.

“Jadi memang kita perlu terobosan. Selain itu juga harus punya tim mulai BP Batam, Pemko Pemprov bagaimana ada badan khusus menarik investasi ke sini,”ucapnya lagi.

Tak lupa ia mengajak semua pihak termasuk media agar bersama-sama mengontrol dan mengkoreksi kebijakan-kebijakan pemerintah dalam pemulihan ekonomi pasca-Covid.

“Tujuan saya ada perubahan pasca pandemi Covid. Yok kita bersama media teman teman selaku pers, regulator, DPRD saling mengontrol,” ajaknya.

(*)

Related posts

Simbol atau Atribut FPI Resmi Dilarang Pemerintah untuk Dipergunakan

admin

Pemprov Kepri Anggarkan Rp30 M Lanjutkan Proyek Gurindam 12

admin

Di Magetan, Seorang Anak Mengaku Disunat oleh Jin

admin