Foxbatam
Kepri

BPS Ungkap Faktor yang Jadi Pengaruh Kenaikan Persentase Kemiskinan di Kepri

Foxbatam,Tanjungpinang – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepri melaporkan persentase penduduk miskin di Kepri pada Maret 2022 sebesar 6,24 persen atau bertambah sebanyak 151,68 ribu jiwa. sepanjang Maret 2022 “Angka itu meningkat sebesat 0,12 persen poin dibanding Maret 2021 yang sebesar 6,12 persen,” terang Kepala BPS Provinsi Kepri, Darwis Sitorus.

Kenaikan persentase penduduk miskin di Kepri sepanjang Maret 2022 itu, dipengaruhi oleh beberapa fenomena. Salah satunya yakni kondisi perang antara Rusia dan Ukraina.

“Krisis (perang) itu turut memengaruhi ekonomi Indonesia secara umum. Bahkan Provinsi Kepri sebagai pintu gerbang international Indonesia juga sangat terdampak,” katanya, Jumat (15/07).

Hal lain yang memengaruhi kenaikan persentase kemiskinan di Kepri yakni, karena adanya peningkatan proporsi penduduk yang bekerja dengan status pekerja keluarga atau pekerja tidak dibayar.

Dia menjelaskan, pada Agustus 2021, jumlah pekerja keluarga atau pekerja tidak dibayar angkanya sebesar 5,62 persen. Namun pada Februari 2022 angkanya meningkat cukup signifikan yakni menjadi 7,08 persen. Dijelaskan pada Maret 2020 sampai September 2021 disaat kondisi pandemi Covid-19 yang masih tinggi, persentase angka kemiskinan di Kepri tercatat sebesar 6,13 persen.

Meskipun pada Maret 2022 persentase angka kemiskinan di Kepri mengalami kenaikan. Namun, angka itu masih jauh di bawah angka persentase kemiskinan secara nasional yang angkanya sebesar 9,54 persen.

Related posts

Pria di Batam Lakukan Perkosa IRT dan Cabuli Anak di Bawah Umur, Ketangkap saat Curat

admin

Ketua DPD I Partai Golkar Kepri Kirim Pesan Black Campaign, Maruf: Ponsel Saya Diduga Dikloning OTT

admin

Di Karimun Penipuan Pemesanan Makanan Online Marak

admin