Foxbatam
Nasional

Jangan Panik… Gak Kena Tilang Kok, Hanya Imbauan Saja

Foxbatam- Pemberitaan mengenai adanya sanksi tilang jika menggunakan sandal jepit saat berkendara membuat heboh para ibu-ibu yang menganggap sandal jepit adalah kostum wajib.

Namun, sebenarnya adanya pemberitaan dan ucapan itu diharapkan agar masyarakat sadar akan keamanan dan keselamatan berkendara. Karena sandal jepit dinilai tak aman bagi pengendara motor, terlebih saat terjadi kecelakaan lalu lintas. Oleh sebab itu polisi mengimbau agar pengendara motor menggunakan sepatu untuk melindungi kaki saat terjadi kecelakaan.

“Penggunaan sandal jepit saat mengendarai sepeda motor bukan merupakan pelanggaran lalu lintas, sehingga tidak bisa ditilang,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam.

“Jadi tidak ada larangan pakai sandal jepit saat mengendarai sepeda motor, hanya diimbau agar lebih terlindungi, dianjurkan menggunakan sepatu,” jelas Jamal.

Pada saat apel Operasi Patuh 2022, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi meminta kebiasaan menggunakan sandal jepit agar dihilangkan. Karena jika nantinya terjadi kecelakaan dengan kondisi kaki yang tidak menggunakan sepatu maka kulit kaki pastinya akan langsung bersentuhan dengan aspal dan itu sangat membahayakan.

Pihaknya ingin menciptakan kesadaran bagi masyarakat perihal tertib dan keamanan dalam berkendara. Kesadaran itu salah satunya dengan tidak menggunakan sandal jepit saat naik motor.

“Kalau dibilang sepatu mahal, baju pelindung mahal, ya lebih mahal mana dengan nyawa kita. Tolong itu dijadikan pertimbangan sehingga untuk keluar sudah siap dengan perlengkapan yang ada. Ini gunanya helm standar, pakai sepatu,” ucap Firman. (Ed)

Related posts

Covid-19 Berlanjut, Disease X Antre Jadi Pandemi Baru

admin

AMPG Kepri : Mengutuk Keras Pernyataan Haris Pratama Terkait Airlangga Hartarto

Admin 01

Penegakan Hukum di Wilayah Karimun, BPJAMSOSTEK Batam Sekupang dan Polres Karimun Tandatangani PKS

admin