Foxbatam
Nasional

Warning! Covid-19 di Indonesia Diprediksi Akan Menuju Gelombang Keempat

Foxbatam-  Adanya mutasi subvarian Omicron BA.4 dan BA.5, dan aturan memakai masker yang dilonggarkan diduga menjadi salah satu penyebab naiknya kasus COVID-19 di Indonesia ini. Bahkan Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University Australia, Dicky Budiman menyebutkan, puncak kasus Covid-19 yang diprediksi akhir Juli 2022 ini menandai Indonesia memasuki puncak gelombang keempat.

Sebagaimana diketahui, kasus positif Covid-19 harian, Minggu (19/6/2022) bertambah 1.167 kasus, sehingga akumulasi positif Covid-19 saat ini sebanyak 6.068.075 kasus.

Sebab, subvarian BA.4 dan BA.5 lebih mudah menginfeksi disebabkan mengambil mutasi dari varian Delta. Selain itu, subvarian tersebut juga terdapat mutasi yang membuatnya dapat menghindari sel imunitas antibodi pada tubuh.

Menurut Dicky, potensi gelombang keempat ini akan lebih panjang dibanding dengan gelombang sebelumnya. Hal ini terjadi ketika kelompok rawan terinfeksi Covid-19 karena subvarian BA.4 dan BA.5 ini berpotensi menyebabkan reinfeksi yakni orang pernah terinfeksi Covid-19 akan kembali terinfeksi.

Adanya potensi reinfeksi ini, katanya, menyebabkan orang terinfeksi Covid-19 bisa melebihi 20.000 orang per hari. Namun, untuk berdampak pada angka kesakitan dan kematian jauh lebih rendah dari varian sebelumnya. Pasalnya, masyarakat telah memiliki imunitas. (Ed)

Related posts

Cabuli 2 Anak Kandungnya, Pelaku Mengaku Khilaf dan Keenakan

admin

Lagi, Golkar Peduli Akan Sambangi Anak Yatim

admin

Berjumlah Rp 150 Triliun, Menko PMK Pastikan Dana Calon Jemaah Haji Dikelola dengan Aman

admin