Foxbatam
Editor's Picks

Roy Suryo Minta Maaf Soal Candaan Stupa Candi yang Katanya Mirip Jokowi

Foxbatam- Mantan Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Roy Suryo mendatangi Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, untuk melaporkan 3 akun medsos yang diduga mengedit stupa Candi Borobudur menyerupai wajah Presiden Jokowi, ia juga turut meminta maaf terkait dengan masalah candaan meme stupa Budha mirip Presiden Jokowi.

“Malam ini (Kamis, 16/06/22) Kuasa Hukum saya, Pitra Romadhoni Nasution SH MH, membuat LP ke Polda Metro Jaya utk Para Pengunggah Meme Awal sesungguhnya -yg digoreng2 BuzzerRp- ‘seolah2 Editan saya’. Namun demikian secara gentle saya tetap mohon maaf, khususnya kpd Ummat Budha,” ketik Roy lewat akun Twitter KRMTRoySuryo2, Kamis (16/6/2022).

Foto tersebut beredar dan sempat dijadikan meme yang diperlihatkan di akun Twitternya @KRMTRoySuryo2. Belakangan cuitan soal meme itu juga telah dihapus Roy Suryo. Dimana foto meme ini bertuliskan, ‘Pantas saja tiketnya mahal. Ternyata Opung sudah buat patung ‘I Gede Utange Jokowi’ untuk tambahan dana bangun IKN.’

Dalam keterangan foto yang ia retweet itu, diberi narasi yang menyinggung soal rencana pemerintah terkait kenaikan tarif masuk Candi Borobudur. Roy Suryo menyebut meme tersebut dibuat oleh netizen.

“Mumpung akhir pekan, ringan-ringan saja twitnya. Sejalan dengan protes rencana harga tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yang (sudah sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah salah satu Stupa terbuka yang Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x AMBYAR,” tulis Roy Suryo dalam keterangan unggahannya.

Roy mengklaim dirinya tak bersalah dalam beredarnya foto itu. Dia pun menawarkan diri ke Polda Metro Jaya sebagai saksi untuk membantuk menangkap pelaku.

Laporan tersebut diterima SPKT Polda Metro Jaya dengan nomor LP/B/2970/VI/2022/SPKT/Polda Metro Jaya. Dalam laporan itu, ketiga akun yang tak disebutkan identitasnya dilaporkan atas dugaan melanggar Pasal 28 Ayat 2 Jo Pasal 45 Ayat 2 UU ITE tentang ujaran kebencian. [Ed]

 

Related posts

Abdee Slank Jadi Komisaris BUMN Timbulkan Kontroversi

admin

Pipa Gas dan Kabel Bawah Laut Hambat Pembangunan Pelabuhan

admin

Pemerintah Waspadai Varian Mu

admin