Foxbatam
Healthy

Bingung Soal Maksud Warna dan Bau Keputihan Kamu? Cek Artinya Disini

Foxbatam- Keputihan adalah kondisi yang paling banyak dikeluhkan. Ya, kondisi ketika keluar lendir atau cairan dari vagina ini kerap membuat bingung para perempuan.

Keputihan pada wanita dapat terjadi kapan saja dan kadang susah dicegah. Akan tetapi, keputihan normal biasanya terjadi beberapa hari sebelum menstruasi atau saat wanita sedang berada pada masa subur.

Kabar baiknya, keputihan sebenarnya adalah kodisi alami tubuh untuk menjaga kebersihan dan kelembapan organ kewanitaan. Cairan tersebut diproduksi kelenjar vagina dan leher rahim yang akan membawa sel mati dan bakteri keluar sehingga organ intim terlindung dari infeksi. Meski begitu, setiap warna keputihan tetap memiliki arti bagi kesehatan Anda. Berikut panduannya.

1. Kuning Kehijauan dan Bau yang Tidak Sedap

Warna ini bisa menjadi tanda Trikomoniasis. Gejala biasanya termasuk rasa sakit dan gatal saat buang air kecil.

2. Abu-abu

Jika Anda mengalami keputihan berwarna abu-abu, sudah bisa dipastikan ini bukan hal yang normal. Warna tersebut merupakan tanda adanya bacterial vaginosis (BV), yang merupakan infeksi yang sangat umum pada perempuan. Anda perlu segera memeriksakan diri ketika mendapati gejala seperti gatal, rasa sakit, sensasi terbakar ketika buang air kecil, bau busuk yang kuat, tekstur berbusa, tekstur seperti keju cottage, kemerahan di sekitar vagina, atau pendarahan di luar siklus menstruasi.

3. Berdarah atau Cokelat

Warna ini bisa menjadi tanda siklus menstruasi yang tidak teratur, atau kanker serviks atau yang lebih jarang adalah endometriosis. Gejala lain seperti perdarahan vagina abnormal dan nyeri panggul.

4. Krem atau Putih Susu

Keputihan berwarna putih seperti kulit telur atau krem adalah kondisi normal. Kondisi ini dianggap alami jika tidak disertai dengan tekstur dan aroma tertentu. Merangkum dari Healthline, keputihan warna ini bisa terjadi karena pelumasan alami vagina. Meski keputihan ini bisa merupakan hal yang wajarm tapi kadang-kadang ini merupakan gejala infeksi jamur yang disebut Candida albicans. Menurut Mayo Clinic, kondisi yang tidak normal adalah ketika ada gejala lain seperti berbau amis, gatal dan terbakar di sekitar vagina, sensasi terbakar ketika berhubungan seksual, kemerahan, atau pembengkakan.

5. Merah Muda

Jika keputihan pada wanita tampak berwarna merah muda, itu bisa menjadi tanda pelepasan lapisan rahim setelah melahirkan.

6. Bening

Keputihan yang biasa dan normal adalah yang berwarna bening atau agak putih. Kondisi yang normal adalah ketika keputihan terasa licin atau memiliki tekstur seperti putih telur. Ini merupakan cara yang sehat bagi tubuh mengeluarkan sel mati dan menyeimbangkan diri. Peningkatan keputihan berwarna bening bisa juga menjadi tanda adanya gairah seksual hingga kehamilan. (Ed)

Related posts

Mau Tahu Menu Makanan Sehat CR7, Ini Dia Penjelasan Mantan Koki Pribadinya

admin

Seberapa Ampuh Vaksin Covid-19 Sinovac, Imunogenitas 99 Persen

admin

Pasien Covid 19 di Batam Tembus 3.830 Kasus

admin