Foxbatam
Healthy

Manfaat Akupuntur Yang Perlu Diketahui

Acupuncture needles on back of a young woman

Foxbatam- Beberapa orang lebih menyukai pengobatan alternatif untuk mengatasi masalah kesehatan. Salah satunya adalah akupuntur. Metode ini dipercaya dapat mengatasi rasa sakit pada tubuh secara alami. Dilansir dari Halodoc, berikut manfaat akupuntur bagi kesehatan

Terapi akupuntur adalah teknik yang melibatkan penyisipan jarum yang sangat tipis melalui kulit di titik-titik tertentu pada tubuh. Metode pengobatan ini dilakukan dengan teknik menyeimbangkan aliran energi yang disebut dengan chi pada jalur (meridian) di dalam tubuh. Dengan memasukkan jarum ke titik-titik tertentu di sepanjang meridian, aliran energi di tubuh bisa kembali seimbang.

Metode ini paling umum digunakan untuk menghilangkan rasa sakit, tetapi bisa juga memberikan manfaat lainnya terkait kesehatan tubuh. Maka dari itu, semua orang perlu tahu berbagai manfaat akupuntur untuk kesehatan jika ingin mencobanya. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mengurangi Stres

Salah satu manfaat akupuntur untuk kesehatan tubuh adalah mengurangi stres. Pemulihan keseimbangan energi dan memicu respons sistem saraf yang lebih baik adalah kunci untuk menurunkan perasaan stres tubuh. Cara ini dapat menurunkan kadar hormon stres dan meningkatkan suasana hati agar perasaan cemas berkurang dan lebih bahagia.

2. Mengurangi Nyeri Punggung dan Sendi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, manfaat akupuntur yang paling utama adalah meredakan nyeri. Nah, cara ini dapat mengurangi ketegangan pada punggung dan leher, sehingga rasa nyeri pada punggung serta sendi jauh berkurang. Metode ini banyak dipilih karena salah satu cara bebas obat untuk atasi nyeri.

3. Meredakan Sakit Kepala

Seseorang yang kerap mengalami masalah sakit kepala kronis dan migrain dapat menjadi lebih baik setelah melakukan perawatan akupuntur. Terapi ini dapat mengatasi masalah sakit kepala untuk seseorang yang tidak ingin ketergantungan pada obat resep. Disebutkan jika manfaat akupuntur ini dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan sakit kepala yang kronis.

4. Tidur yang Lebih Baik

Manfaat akupuntur lainnya adalah membuat tidur menjadi lebih baik. Saat energi tubuh seimbang dan sistem saraf mendapatkan rangsangan, kualitas saat tidur di malam hari juga meningkat. Terapi ini sudah teruji untuk mengatasi masalah insomnia dan masalah tidur lainnya. Seseorang yang mengalami masalah ini tidak perlu mengonsumsi obat tidur lagi setelahnya.

5. Meredakan Alergi

Seseorang yang memiliki alergi juga dapat lebih baik setelah mendapatkan terapi akupuntur. Cara ini umumnya dilakukan sebelum musim alergi terjadi. Akupuntur dapat memperkuat respons kekebalan tubuh dari alergi, sehingga aktivitas harian bisa dilakukan secara normal. Terkadang, cara ini dikombinasikan dengan obat alergi untuk menurunkan kemungkinan alergi untuk kambuh.

6. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi dapat terjadi akibat stres atau gaya hidup yang buruk. Nah, kombinasi perawatan akupuntur dengan perawatan medis dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Cara ini dapat membantu untuk mendukung fungsi jantung dan aliran darah secara tepat. Terkadang, cara ini lebih baik dibandingkan hanya mengonsumsi obat pengendali tekanan darah. (Ed)

Related posts

Per 20 Juli 2021, Pasien Sembuh Bertambah 29.791 2.323.666 Orang

admin

Peringati Hari Buruh Internasional 2021 – Pemprov Kepri Bakal Vaksinasi 1000 Buruh

admin

Disuntik Dua Dosis Vaksin Sekaligus, Akhirnya Hartijo Meninggal

admin