Foxbatam
Editor's Picks Lainnya Nasional Politik

Survei Capres 2024, Ganjar Tertinggi tinggalkan Prabowo, Anies dan AHY

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tertinggi sebagai calon presiden 2024.

Foxbatam.co.id — Lembaga survei Charta Politika Indonesia mencatat elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tertinggi sebagai calon presiden 2024.

Ganjar ditempel Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di papan atas.

Dalam simulasi banyak nama, Ganjar berada di puncak dengan elektabilitas 16,2 persen. Sementara, Prabowo Subianto dengan elektabilitas 14,8 persen ditempel ketat Anies dengan elektabilitas 14,6 persen.

Baca: Batam Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung

Baca: Ibu Hamil dan Menyusui Jangan Ragu Vaksinasi Covid-19, Ini Dia Penjelasannya

Baca: Rayakan Hari Kemerdekaan RI, Pelindo 1 Siapkan Hadia Ratusan Juta untuk Perlombaan Rakyat

Baca: Harta Kekayaan Bupati Bintan Rp 8,7 M, Kini Menjadi Tersangka Kasus Cukai

“Di sini mulai kelihatan papan utamanya ada tiga pemain tiga sosok mas Ganjar, pak Prabowo dan mas Anies,” ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya ketika rilis survei secara daring.

Sementara, di papan tengah diisi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (5,4 persen), Menparekraf Sandiaga Uno (4,6 persen), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (3,9 persen), politikus PDIP Basuki Tjahaja Purnama (3,3 persen), Mensos Tri Rismaharini (3,1 persen), mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti (2,9 persen), serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (2,8 persen).

Sementara hasil simulasi 10 nama tidak jauh berbeda. Tiga besar ditempati Ganjar (20,6 persen), Anies (17,8 persen), dan Prabowo 17,5 persen.

Nama Anies dan Prabowo saling tempel ketat. Yunarto mengatakan, selisih keduanya masih 0,3 persen di bawah margin of error survei sehingga tidak bisa dibedakan peringkat keduanya.

Baca: 68 Anggota Paskibraka 2021 Dikukuhkan Presiden Jokowi

Baca: Warga Kepri Sembuh dari Covid-19 Bertambah 1.124 Orang

Baca: Kepri Terapkan PPKM Level 3 Sesuai Arahan Mendagri

Baca: Seorang Pria Sayat Wajah Istri Siri Lantaran Tersinggung

“Saya bisa pertanggungjawabkan data mas Ganjar memang nomor satu secara statistik. Tetapi Anies dan Prabowo masih dalam selisih margin of error,” ujar Yunarto.

Begitu juga di papan tengah yaitu Sandiaga dan Ridwan Kamil bersaing ketat dengan elektabilitas masing-masing 7,7 persen dan 7,2 persen.

Berikutnya ada nama AHY (4,2 persen), Risma (3,6 persen), Menteri BUMN Erick Thohir 1,8 persen, petinggi partai yang masif dikampanyekan seperti Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto justru di posisi terbawah. Puan elektabilitasnya 1,4 persen dan Airlangga 1 persen.

Simulasi lima nama tidak jauh berbeda. Lima besarnya tetap Ganjar (23,3 persen), Anies (19,8 persen), Prabowo (19,6 persen), Sandiaga (8,4 persen), Ridwan Kamil (8,2 persen).

Baca: 2 Pengedar Uang Palsu Beraksi Modus Beli Rokok, 2 Pengedar Uang Palsu Beraksi di Bogor

Baca: Miris, Mayat Bayi Kembali Dibuang di Tempat Sampah

Baca: 3 Sekolah di Bukittinggi Diproses Hukum pasca Gelar Belajar Tatap Muka saat PPKM

Baca: Siap-siap Taliban Kuasai Afghanistan, Kabul Direbut 90 Hari

Survei Charta Politika Indonesia dilakukan pada 12-20 Juli 2021 dengan metode wawancara tatap muka. Metode sampling menggunakan multistage random sampling dengan 1200 responden. Survei ini memiliki margin of error sebesar 2,83 persen. (mer/ded)

Related posts

Dirut Jiwasraya Tersangka, Begini Respons Emiten Ini

Abi

3605 Lansia Di Kepri Telah Divaksin Dosis I

nugie

Pengetatan PPKM Mikro, Mendagri Terbitkan Instruksi

Abi