Foxbatam
Editor's Picks Healthy Internasional Lainnya

WHO Ingatkan RI terkit Corona di Belum Aman

World Health Organization (WHO).

Fox Batam, JAKARTA —  Gelombang kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia menjadi perhatian dunia internasional. Indonesia diminta tidak terburu-buru untuk melonggarkan pembatasan yang dilakukan untuk menghindari penyebaran kasus.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun meminta pemerintah Indonesia untuk lebih waspada dalam menangani pandemi Covid-19. Dalam laporan berjudul ‘Situation Report’ disampaikan ada dua provinsi yang mengalami peningkatan di atas 50%.

Dua provinsi tersebut adalah Kalimantan Utara yang meningkat 58% dan Kalimantan Selatan 50%. Sementara di Pulau Jawa, sebagian besar mengalami penurunan infeksi kecuali di Jawa Tengah.

Baca: Tingkatkan Pemerataan, Pemerintah Percepat Pembangunan Infrastruktur Papua dan Papua Barat

Baca: Disuntik Dua Dosis Vaksin Sekaligus, Akhirnya Hartijo Meninggal

Baca: Mengejutkan, Kepri Raih Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji 2021

Baca: Di Provinsi Kepri, 35 Persen Anak Tervaksin

Kemudian WHO juga menemukan tingkat angka positif atau positivity rate di Indonesia mengalami kenaikan positivity rate hampir mencapai rekor puncak yang pernah dicetak pada Desember lalu.

Saat ini tingkat positivity rate di Indonesia mencapai 30,5%.

“Sejak itu, bagaimanapun, proporsi positif telah meningkat dengan cepat dan mantap, mencapai dan tetap pada tingkat CT4 (insiden sangat tinggi) hingga saat ini. Pada 25 Juli, proporsi positif adalah 29,0%,” tulis laporan itu.

Lebih lanjut, WHO menyarankan agar Indonesia terus melanjutkan dan memperketat pembatasan-pembatasan yang telah berlaku saat ini.

Baca: dr Carina Joe, Wanita Indonesia yang salah satu Pemilik Hak Paten Vaksin Astrazeneca

Baca: Stok Obat dan Vitamin di Karimun Menipis

Baca: Rekomendasi Akademisi Berkontribusi Penting dalam Penanganan Pandemi dan PEN

Baca: Dukungan Pemerintah untuk Mendorong UMKM Go Digital dan Go Global

Pihaknya juga menyebut ketaatan protokol kesehatan juga perlu ditingkatkan.

“Upaya menekan penularan melalui PPKM perlu dilanjutkan dan dipercepat … Sangat penting bagi masyarakat untuk terus berlatih menjaga jarak fisik, tangan dan pernapasan kebersihan, penggunaan masker, menghindari pengaturan keramaian, tertutup dan kontak dekat, dan memastikan ventilasi yang baik untuk membatasi penyebaran Covid-19,” pungkas laporan tersebut

Kementerian Kesehatan mencatat pada Jumat (30/7/2021) ada 41.168 orang kasus baru Covid-19, sehingga jumlahnya 3,372 juta orang.

Tingginya gelombang kasus baru ini juga berimbas pada tingginya angka kematian akibat virus ini. Hari ini kasus kematian bertambah 1.759 orang, sehingga totalnya 92.311 orang.

Related posts

Badai Salju di Texas, Puluhan Warga Meninggal Dunia Akibatnya

Abi

Ansar Ahmad Minta Masyarakat Tak Takut Divaksin

nugie

BMKG: Cuaca Ekstrem Terjadi Hingga Mei 2021

Abi