Foxbatam
Editor's Picks Ekbis Lainnya Metro Nasional

Pembangunan Tol Joglosemar Hubungkan Pelabuhan di Utara dan Industri di Selatan Jawa

Pembangunan Tol Joglosemar Hubungkan Pelabuhan di Utara dan Industri di Selatan Jawa.

Fox Batam, SLEMAN — Untuk menunjang konektivitas di 3 kota besar, Yogjakarta-Solo-Semarang atau yang dijuluki sebagai kawasan ‘Segitiga Emas Joglosemar’, Pemerintah membangun dua Proyek Strategis Nasional (PSN) yaitu Jalan Tol Solo – Yogyakarta – Kulonprogo dan Jalan Tol Yogyakarta – Bawen.

Kedua jalan tol ini berperan sebagai infrastruktur penghubung utama yang akan secara langsung meningkatkan aksesibilitas, memperkecil waktu tempuh, dan mendukung pertumbuhan perekonomian di wilayah-wilayah yang terkoneksi.

Baca: Kampanye Makan Telur Ayam Menko Airlangga Masuk Rekor Muri

Baca: Menko Airlangga Apresiasi Kemauan Belajar dan Adaptasi Alumni Kartu Prakerja di Masa Pandemi

Baca: Pastikan Penguatan UMKM di Masa Pandemi, UMKM di Daerah Diberikan Pelatihan dan Coaching-Clinic

Baca: Airlangga: Kita Menang dalam Satu Komando

Dua PSN ini akan terhubung dengan Jalan Tol Trans Jawa yaitu Jalan Tol Semarang – Solo. Dengan demikian akses menuju tiga Bandar Udara besar yaitu New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo, Ahmad Yani di Semarang, dan Adi Soemarmo di Solo akan menjadi lebih terjangkau, yang niscaya akan memberi manfaat peningkatan akses ke objek wisata strategis seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan destinasi wisata lainnya di sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, selaku Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) melakukan kunjungan ke lokasi proyek, tepatnya di pintu tol Kartosuro pada Sabtu (19/06) dalam rangka peninjauan progres pembangunan sekaligus mengingatkan protokol kesehatan kepada para pekerja proyek tol.

Baca: Pembuatan SIM A Kini Harus Menyertakan Sertifikat dari Sekolah Mengemudi

Baca: Warga Prancis Sudah Resmi Lepas Masker, Indonesia

Baca: Perubahan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021, Simak Penjelasannya

Baca: Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, 40 Persen Pemerintah Alokasikan untuk UMKM

“Tentunya kita berharap adanya pertumbuhan dan berkembangnya kawasan akibat terbangunnya infrastruktur ini. Karena kita melihat ada ketimpangan antara infrastruktur di utara dan selatan, sehingga dengan adanya infrastruktur ini dapat menghubungkan pelabuhan-pelabuhan yang ada di utara Jawa dengan industri padat karya yang ada di selatan” ujar Menko Airlangga.

Kegiatan peninjauan proyek dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari saat masuk ke lokasi proyek, setiap orang diminta untuk menunjukkan surat antigen terbaru dan melakukan pengukuran suhu badan.

Related posts

Foto-foto spektakuler gerhana bulan total di berbagai penjuru dunia

Abi

DPS Karimun Ditetapkan 165.133 Jiwa

Abi

Jubir JK: Pemerintah Minta Dikritik, Bertanya Saja Bikin Panas

Abi