Foxbatam
Ekbis Metro Nasional

Pemerintah akan Kenakan PPN Sembako, Ini Daftarnya

Presiden melakukan panen jagung di Desa Suku, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jatim, Jumat (6/3/2015) lalu. (Foto dokumentasi setkab.go.id).

FOX Batam, Jakarta, – Pemerintah berencana akan mengenakan pajak pertambahan nilai (PPN) bagi bahan pokok atau sembako.

Pengenaan PPN sembako ini, tertuang dalam revisi Undang-Undang (UU) Nomor 6 tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP). Pengenaan pajak diatur dalam Pasal 4A draf revisi UU Nomor 6 .

PPN adalah pungutan yang dibebankan atas transaksi jual-beli barang dan jasa yang dilakukan oleh badan yang telah menjadi pengusaha kena pajak (PKP). Pihak yang membayar PPN adalah konsumen akhir.

Sebelumnya, sembako atau kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat, tak dikenakan PPN diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 116/PMK.010/2017.

Daftar sembako yang akan dikenakan PPN meliputi beras dan gabah; jagung; sagu; kedelai; garam konsumsi; daging; telur; susu; buah-buahan; sayur-sayuran; ubi-ubian; bumbu-bumbuan; dan gula konsumsi.

Selain sembako, RUU KUP juga menghapus beberapa barang hasil tambang maupun hasil pengeboran yang semula tak dikenai PPN. Namun, hasil tambang itu tak termasuk hasil tambang batubara.

Kemudian, pemerintah juga menambah objek jasa baru yang akan dikenai PPN, antara lain:
Jasa pelayanan kesehatan medis, pelayanan sosial, pengiriman surat dengan perangko, jasa keuangan, dan jasa asuransi.

Kemudian Jasa pendidikan, penyiaran yang tidak bersifat iklan, angkutan umum di darat dan di air, angkutan udara dalam dan luar negeri, tenaga kerja, telepon umum dengan menggunakan uang logam, serta pengiriman uang dengan wesel pos.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, Neilmaldrin Noor enggan berkomentar banyak soal pengenaan PPN sembako ini

“Sementara ini, kami masih menunggu pembahasan terkait hal-hal di dalam RUU KUP tersebut. Harap maklum,” ujar Neilmaldrin sebagaimana dikutip CNNIndonesia.com, Rabu (9/6/2021). (tan)

Related posts

Penjual Nasi Goreng Cabuli Anak di Bawah Umur

Abi

Inilah Edaran Satgas Covid-19 tentang Peniadaan Mudik Lebaran 2021

Abi

Golkar Institute Cetak Generasi Muda Pemimpin Indonesia

Bro