Foxbatam
Editor's Picks Ekbis Lainnya Metro Nasional

Pemerintah Dorong IKM untuk Terus Berkembang dan Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Fox Batam, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Jumat (4/6), mengunjungi dua lokasi usaha di Jawa Barat yang dapat tetap bertahan di masa pandemi. Dalam berdialog dengan para pelaku industri, Airlangga mendengarkan aspirasi-aspirasi yang disampaikan sebagai upaya untuk mendorong industri kecil menengah untuk terus berkembang di pasar lokal maupun global.

Dalam kunjungan tersebut, lokasi pertama yang dikunjungi Airlangga bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang adalah PT. Santosa Kurnia Jaya yang merupakan perusahaan skala menengah yang bergerak di bidang industri tekstil dan manufaktur.

Usaha yang didirikan oleh Dudi Gumilar ini memiliki 139 karyawan. Perusahaan yang berlokasi di Majalaya Kabupaten Bandung ini telah menjamah pasar ekspor yaitu Negara Jepang.

Baca: Pulihkan Ekonomi Nasional Melalui Program Kartu Prakerja

Baca: 65.915 jiwa Jumlah Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia Perhari Ini

Baca: Berjumlah Rp 150 Triliun, Menko PMK Pastikan Dana Calon Jemaah Haji Dikelola dengan Aman

“Pemerintah berkomitmen untuk mendukung industri kecil dan menengah. Apalagi industri kain di Majalaya ini karena memiliki kluster sendiri jadi harus punya daya saing. Banyak hal yang bisa dilakukan Pemerintah, salah satunya terkait modal kerja, apalagi untuk ekspor. Kalau kreditnya tidak sedang macet, ada program dari Pemerintah untuk memberikan tambahan modal kerja dan bisa restrukturisasi 2 tahun,” kata Airlangga.

Memasuki Triwulan II-2021, sinyal pemulihan ekonomi semakin menguat dibandingkan Triwulan I lalu.

Pemulihan kepercayaan masyarakat yang mendorong perbaikan permintaan domestik terus direspon positif oleh industri dengan meningkatkan aktivitas produksinya dan tercermin dari PMI Manufaktur yang terus meningkat ke level 55,3 di Mei 2021, naik dari posisi 54,6 pada April 2021.

Baca: Hati-hati, Pengguna Rokok Elektronik juga Lebih Berisiko Terkena Covid-19

Baca: Batal Diberangkatkan, Inilah Prosedur Pengembalian Setoran Lunas Biaya Haji

Baca: Hadirkan Solusi Smarthome, XL Axiata Jalin Kerjasama dengan BARDI dan Tuya Smart

Bertambahnya wirausahawan di Indonesia tentunya akan mampu menyerap banyak tenaga kerja dan akan mendorong produktivitas serta mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional.

Selanjutnya, kunjungan dilakukan ke PT Kreuz Bike Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung. Perusahaan yang pada awalnya merupakan industri rumahan yang menjual tas sepeda ini seiring berjalannya waktu memproduksi sepeda dan frame.

Momentum akselerasi pemulihan ekonomi melalui penguatan permintaan terus berlanjut. Airlangga berharap jumlah wirausahawan di Indonesia semakin meningkat, khususnya dalam momentum pemulihan ekonomi nasional.

Related posts

Segera Deklarasi, Lukita-Basith Menguat

Abi

Hari ini, 18 Warga Batam Tertular Corona

Abi

Meme Kocak Usai Arsenal Kalahkan Chelsea

Abi