Foxbatam
Daerah Editor's Picks Ekbis Hukum dan kriminal Nasional

Hati-hati, Kemenkes Akui Ada Masker Medis Palsu Beredar

Ilustrasi masker medis palsu beredar.

Fox Batam, JAKARTA – Plt Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan (Farmalkes) Kemenkes, Arianti Anaya mengingatkan masyarakat Indonesia untuk teliti sebelum membeli masker. Ia juga menyarankan agar selalu mengecek izin edar masker dari Kemenkes.

Hal itu disampaikan Arianti untuk merespons banyaknya masker medis palsu yang beredar di pasaran, baik online maupun offline.

“Menghindari kesalahan pemilihan masker medis maka tenaga kesehatan dan masyarakat agar membeli masker medis yang sudah memiliki izin edar alat kesehatan dari Kemenkes dan izin edar ini juga bisa diakses melalui infoalkes.kemkes.go.id,” kata Arianti.

Arianti menjelaskan setiap masker harus memiliki izin edar dari Kemenkes untuk memastikan masker mampu mencegah masuknya droplet atau virus dan bakteri.

Baca: Selama Ramadan, Pemkab Bogor Larang Tempat Hiburan Malam Dibuka

Baca: Ditemukan Tewas Tergeletak, Melani Diduga Jadi Korban Tabrak Lari

Ada beberapa persyaratan untuk mendapatkan izin masker. Di antaranya harus memenuhi persyaratan mutu, keamanan, dan manfaat.

Karena itu, kata dia, harus dilakukan uji bacterial filtration efficiency (BFE), particle filtration efficiency (PFE), breathing resistance, dan lainnya.

Terkait perdagangan masker palsu, Arianti mengatakan Kemenkes bekerja sama dengan aparat hukum untuk menindaklanjutinya.

Ia juga mengatakan pihak Farmalkes sudah melakukan penyitaan terhadap masker yang terbukti tak punya izin edar tersebut.

Related posts

bright International Bridge Competition 2020 Resmi Berlangsung

Abi

Pandemi Corona, Angka Kemiskinan di Kepri Bertambah

Abi

Ini Kata Masyarakat Sulawesi Selatan pada Ansar – Marlin

nugie